Kerjasama Internasional Sekolah Tinggi Teknologi Garut dengan Relawan TIK Korea


Sekolah Tinggi Teknologi Garut telah lama dikenal aktivis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai pusat gerakan TIK Kabupaten Garut. Gerakannya dapat ditelusuri hingga tanggal 27 Maret 2003, saat di mana Kelompok Pengguna Linux Indonesia (KPLI) Jakarta memberi dukungan penuh kepada komunitas Sekolah Tinggi Teknologi Garut sebagai KPLI Garut yang mensosialisasikan Linux ke masyarakat Garut. Sejak tahun 2011, aktivis TIK baik dari kelompok pengembang atau penggerak berkumpul di Sekolah Tinggi Teknologi Garut melaksanakan gerakan TIK kabupaten Garut melalui forum diskusi mingguan hingga Seminar dan Pelatihan TIK satu tahun dua kali. Dan pada tahun 2012 ini, tantangan sekaligus kesempatan bagi aktivis TIK kabupaten Garut bertambah dengan datangnya dorongan dari Relawan TIK dan surat tugas dari Kementrian Komunikasi dan Informatika (KEMKOMINFO) untuk melaksanakan program Korea Information Technology Volunteers (KIV) bersama relawan Teknologi Informasi (TI) Korea yang merupakan kerjasama antara KEMKOMINFO dengan agensi Perserikatan Bangsa Bangsa yakni International Telecommunication Union, serta National Information Society Agency dan Kementrian TIK Thailand.
Suasana Perumusan Peta Jalan Program KIV
Dengan semangat yang tinggi dari aktivis TIK Garut, akhirnya delapan tujuan kunci Program KIV dicapai dengan mengikuti peta jalan dan kerangka kerja yang diajukan oleh aktivis atau relawan TIK Garut dan disepakati oleh relawan TI Korea pada tanggal 11 Juli 2012. Dan dengan bantuan operasional senilai 18 juta rupiah, tahap persiapan, indentifikasi masalah, dan penyelesaian masalah untuk pencapaian tujuan tersebut berhasil dilaksanakan dalam jangka waktu satu bulan. Bantuan operasional itu diperoleh relawan TI Garut dari relawan TI Korea sekitar 5,7 juta rupiah, dari Sekolah Tinggi Teknologi Garut sekitar 3 juta rupiah, dari butik SODAGAR sekitar 1,5 juta, dari Yayasan Asgar Muda sekitar 700 ribu, dari Kelompok Penggerak TIK dan dana pribadi relawan TI Garut sekitar 900 ribu, dan sisanya dari beberapa organisasi laba dan nirlaba yang dikunjungi, termasuk sambungan internet gratis dari PT Rahajasa Media Internet.
Roadmap Program KIV yang dibuat oleh Relawan TIK Garut
Kegiatan puncak program KIV yang dilaksanakan oleh Relawan TI Garut dan Korea adalah Seminar dan Pelatihan TIK pada tanggal 4 sampai 5 Agustus 2012 yang diikuti oleh para pengelola Wardes dan CAP dan secara khusus dibuka oleh Bagian Informatika Pemerintah Daerah Kabupaten Garut. Dalam sambutannya, Kepala Bagian Informatika mengapresiasi program KIV serta mengharapkan manfaat positif dari program tersebut berupa peningkatan kegiatan riset TIK, dan kerjasama dengan Relawan TIK untuk memajukan kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat melalui pemberdayaan Wardes dan CAP. Seminar dan Pelatihan TIK ini dilaksanakan untuk menyampaikan solusi dalam bentuk konsep dan keahlian kepada pengelola Wardes, yang dibuat berdasarkan permasalahan yang ditemukan relawan TI Garut dan Korea saat kunjungan sebelumnya ke tiga belas Wardes dan satu CAP.

Bersama Pengelola Wardes Garut dalam Seminar dan Pelatihan
Dalam perjalanannya, relawan TI Garut membawa relawan TI Korea ke sejumlah sekolah dan komunitas untuk saling mengenal budaya, antara lain Sekolah Tinggi Teknologi Garut, Universitas Garut, Sekolah Tinggi Agama Islam al-Musaddadiyah, SMK Ciledug, SMAN 5 Garut, SMK YPPT, SMAN 1 Garut, MAN 1 Garut, Pondok Pesantren al-Musaddadiyah, dan komunitas seni Asgar Muda. Dan juga ke sejumlah objek wisata Garut, seperti wisata air panas Puncak Darajat dan Cipanas, Situ Bagendit, Candi Cangkuang, taman satwa Cikembulan, industri jaket kulit Sukaregang, pantai Cilauteureun Pameungpeuk, batu numpang, rumah makan Cibiuk, Kampung Sampireun, dan Chocodot. Relawan TI Korea juga melihat fasilitas peluncuran Roket di Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional, serta dipertemukan dengan Camat Pameungpeuk, unsur pemerintahan lain dan perwakilan Bupati Garut. Dalam sambutannya pada tanggal 8 Agustus 2012, Bupati Garut mengapresiasi program KIV dan menekankan pentingnya cultural understanding untuk memacu motivasi pengembangan TIK kabupaten Garut.
Saat Berkunjung Ke MAN 1
Saat Berkunjung ke Kampung Sampireun
Dalam acara Farewell Ceremony KIV program tanggal 2 Agustus 2012 di Jakarta, relawan TI Garut diberi kesempatan untuk menyerahkan dokumen laporannya kepada Direktur Jendral Aplikasi Informatika KEMKOMINFO. Dan akhirnya pada tanggal 15 Agustus 2012, setelah berpamitan kepada Prof Dr M. Ali Ramdhani, dewan penasihat relawan TI Garut, relawan TI Korea menuju Bogor untuk bergabung dalam program Relawan TIK Go to School sebelum pulang ke Korea pada tanggal 24 Agustus 2012.
Penyerahan Laporan KIV 2012
Program KIV 2012 didukung oleh :
http://www.sttgarut.ac.id/

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *