Kunjungan dari Kementrian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Republik Indonesia

Relawan TIK Garut menjelaskan kegiatan pemberdayaan masyarakat
Kamis, 7 Februari 2013 Pusat Komunitas TIK Kabupaten Garut dikunjungi bapak Rosdiawan bersama rombongannya dari Kementrian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Republik Indonesia. Dalam kunjungan tersebut beliau menanyakan kegiatan Relawan TIK Garut berkaitan dengan kegiatan pemberdayaan masyarakat. Ketua Komunitas / Relawan TIK (K/RTIK) Garut yang juga kepala UPT Sistem Informasi Sekolah Tinggi Teknologi Garut, Rinda Cahyana menjelaskan kegiatan pemberdayaannya yang sudah dilaksanakan K/RTIK Garut dengan Korea IT Volunteers (KIV), Relawan TIK Jawa Timur, Sekolah Tinggi Teknologi Garut, dan Kelompok Kerja Pondok Pesantren Garut baik di Garut, Priangan Timur, dan Nasional. Dijelaskan bahwa pemberdayaan Wardes bersama KIV dilaksanakan untuk memberi masukan pengetahuan dan keahlian kepada pengelola terkait masalah pemeliharaan fasilitas Wardes. Disampaikan pula beberapa kendala pemanfaatan Wardes yang berhubungan dengan pengetahuan TIK pengguna dan dukungan teknis.
Dalam kesempatan tersebut, beliau menanyakan kegiatan K/RTIK Sekolah Tinggi Teknologi Garut terkait penyediaan perangkat lunak untuk Pesantren. Dijelaskan kepada beliau bahwa setiap tahunnya Sekolah Tinggi Teknologi Garut menghasilkan perangkat lunak hasil penelitian mahasiswa Teknik Informatika dan hasil pengembangan Relawan Kelompok Pengembang Platform TIK (KP2TIK) Sekolah Tinggi Teknologi Garut. Perangkat lunak tersebut dihibahkan dan dilatihkan setiap tahunnya melalui Seminar dan Pelatihan TIK kepada pesantren di wilayah Garut dan Priangan Timur. Dalam kesempatan tersebut, staf UPT Sistem Informasi Sekolah Tinggi Teknologi Garut yang juga kepala bidang (kabid) Sumber Daya (SD) TIK K/RTIK Garut, Rickard Elsen menyerahkan beberapa perangkat lunak yang dilatihkan tahun 2012 yang lalu untuk dipelajari dan didistribusikan oleh MENKOKESRA kepada pesantren-pesantren di Indonesia. 
Suasana diskusi penerapan perangkat lunak untuk Pesantren
Rombongan yang didampingi oleh Prof DR M. Ali Ramdhani tersebut kemudian mengunjungi Sekolah Tinggi Teknologi Garut. Di ruang rapat, ketua K/RTIK Kabupaten Garut didampingi kabid SDTIK K/RTIK Garut menunjukan penggunaan Sistem Informasi Pembayaran Santri. Dan pembicaraan akhir tertuju pada pengembangan Sistem Informasi Geografis Pesantren yang harapannya dapat dilaksanakan dalam kerangka kerjasama MENKOKESRA dengan Sekolah Tinggi Teknolog Garut dan Relawan TIK Garut. Dibicarakan pula kemungkinan dibangunnya Pusat Pendidikan dan Pelatihan yang dapat dimanfaatkan oleh K/RTIK Garut untuk pendidikan dan pelatihan nasional. 
http://www.sttgarut.ac.id/

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *