Sekolah Tinggi Teknologi Garut membangun Pesantren Map untuk Pesantren

    Sabtu (21/09/13), Pesantren Map adalah aplikasi berbasis web yang menyediakan informasi Pesantren berbasis geospasial. Aplikasi ini dikembangkan oleh Iqbal Muhammad Hikmat, mahasiswa Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Garut dalam kapasitasnya sebagai relawan Kelompok Pengembang Platform TIK yang tergabung dalam Unit Kegiatan  Mahasiswa bernama Komunitas TIK Sekolah Tinggi Teknologi Garut. Aplikasi ini dibangun sebagai pelaksanaan kerjasama antara Sekolah Tinggi Teknologi Garut mewakili Pondok Pesantren al-Musaddadiyah dengan Majelis Muwasholah Baina Ulama’il Muslimin, dan merupakan amal gerakan ICT4Pesantren yang dideklarasikan oleh ketua Sekolah Tinggi Teknologi Garut sebelumnya. 

Setelah melalui proses diskusi dengan Cerdas-TIK dan Majelis Muwasholah Baina Ulama’il Muslimin, rancangan aplikasi disetujui untuk diterapkan. Kemudian pada tanggal 20 sampai dengan 22 September 2013, Sekolah Tinggi Teknologi Garut memperkenalkan aplikasi tersebut melalui pengembangnya dalam acara TIK Pesantren 2013 di Pondok Pesantren Tebuireng Jombang Jawa Timur, yang dihadiri oleh santri dari perwakilan pondok pesantren se-Jawa Timur. Acara ini merupakan hasil kerjasama Majelis Muwasholah Baina Ulama’il Muslimin dengan Universitas “Veteran” Jawa Timur. Dalam kesempatan tersebut peserta turut memberikan ide dan masukan untuk pengembangan Pesantren Map ke depan. Pesantren Map sementara ini dapat diakses di http://ict4pesantren.org/muwasholah

Selain Pesantren Map, turut diperkenalkan juga aplikasi Sistem Pembayaran, produk dosen Sekolah Tinggi Teknologi Garut. Pada awal September 2013 lalu sistem ini dilatihkan kepada 70 pesantren se Indonesia dalam pelatihan yang diselenggarakan Kementrian Agama Republik Indonesia bekerja sama dengan Pondok Pesantren al-Musaddadiyah. Dalam acara bertemakan “1 Pesantren 1 Website” tersebut, mahasiswa Sekolah Tinggi Teknologi Garut memberikan kompetensi pembuatan website kepada para peserta. 

Laporan : Ikbal Mohamad Hikmat & Yuda Eka Fisabilillah
http://www.sttgarut.ac.id/

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *