DIKLAT KPTIK dan Pembentukan UKM Relawan TIK


Tahun ini pengurus Komunitas / Relawan TIK Garut menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan (DIKLAT) bagi Relawan Kelompok Penggerak (KP) TIK se Garut. Pesertanya adalah pelajar dan mahasiswa yang menjadi anggota pada basis-basis KPTIK Sekolah dan Perguruan Tinggi di Garut.
Dari sepuluh basis KPTIK yang ada hanya tujuh yang ikut serta, yakni dari Sekolah Tinggi Teknologi Garut, SMKN 4 Garut, MAN 1 Garut, SMK YPPT Garut, SMK Ciledug Garut, SMK Plus Sukaraja, dan SMK Wirakrama. Kegiatan yang dilaksanakan Bidang Sumber Daya Manusia Relawan TIK Garut pimpinan Sukanda, S.Pd ini dimaksudkan untuk mempersiapkan para anggota agar dapat melaksanakan fungsi penggerak TIK untuk tujuan pembangunan masyarakat informasi Garut berorientasi kolaborasi tahun 2013. 

Perwakilan KPTIK se Garut bersama KEMKOMINFO RI dan Relawan TIK Indonesia

Hari pertama kegiatan tanggal 2 Maret 2013 adalah Pendidikan Relawan KPTIK. Materi yang disampaikan di dalamnya adalah tentang Masyarakat Informasi oleh Menhariq Noor yang mewakili Direktorat Pemberdayaan Informatika Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, materi tentang Relawan TIK oleh Fajar Eri Dianto selaku ketua Relawan TIK Indonesia Wilayah Jawa Barat, materi tentang Kelompok Penggerak TIK oleh Rinda Cahyana selaku ketua Relawan TIK Indonesia Cabang Garut, dan materi tentang faidah kesukarelaan oleh Murgo Suryono, M.Ag, dosen Sekolah Tinggi Teknologi  Garut. 

Pemateri dalam Pendidikan Relawan KPTIK Garut

Kepanitian DIKLAT yang dipimpin oleh Asep Nasrudin, ST juga memberikan kesempatan kepada Pembantu Ketua Bidang Kemahasiswa Sekolah Tinggi Teknologi Garut, Andri Ikhwana, MT mengumumkan pendirian Unit Kerja Mahasiswa Relawan TIK sebagai salah satu pengemban dharma ketiga Pengabdian Masyarakat Sekolah Tinggi Teknologi Garut yang akan berkolaborasi dengan relawan lainnya di dalam Komunitas TIK Garut. Relawan KPTIK se Garut juga bermusyawarah untuk menyepakati hal terkait kolaborasi KPTIK.

Hari keduannya tanggal 3 Maret 2013 diselenggarakan Latihan Relawan KPTIK di Perkebunan Teh Dayeuh Manggung Garut. Peserta dilatih melalui permainan membangun tim, seperti permainan seleksi pemimpin, rantai informasi, dan lain sebagainya. Peserta juga harus melalui tiga pos tes yang tersebar di daerah perkebunan teh tersebut. Seluruh kegiatan terlaksana berkat dukungan dana dari Sekolah Tinggi Teknologi Garut, UPT Sistem Informasi Sekolah Tinggi Teknologi Garut, dan partisipasi peserta.

Ragam Kegiatan dalam Pelatihan Relawan KPTIK Garut


https://www.sttgarut.ac.id/

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *