Pandu Digital Goes to Villages, Program Pengabdian STTG kepada Masyarakat di Desa Pasirwangi

Sekolah Tinggi Teknologi Garut bekerjasama dengan Direktorat Pemberdayaan Informatika, Ditjen Aplikasi Informatika, Kemenkominfo RI menyelenggarakan acara Pandu Digital Goes to Villages, di aula Desa Pasirwangi, Kecamatan Pasirwangi, Jumat (16/8/2019).

Acara semiloka pandu digital desa dan kuliah kerja nyata ini merupakan rangkaian dari program pengabdian STTG kepada masyarakat.

Leni Fitriani, M.Kom dosen Teknik Informatika STT Garut mengatakan, kegiatan ini melibatkan 10 dosen, 4 alumni, dan 34 mahasiswa peserta KKN STT Garut.

Acara menyampaikan materi untuk para pemuda dan pengusaha di Desa Pasirwangi tentang pemanfaatan E-Commerce untuk meningkatkan pendapatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa.

“Saat ini masih banyak UMKM khususnya di desa yang belum mengetahui manfaat e-commerce sebagai sarana promosi dan menjangkau pasar lebih luas,” terang Leni Fittiani.

Menurutnya, perkembangan website e-commerce dengan cepat merubah perilaku masyarakat dalam melakukan transaksi jual beli. Semula harus keluar rumah untuk membeli barang, sekarang hanya perlu menggerakan jari tangan sambil duduk santai dan barang akan datang ke rumah pembeli.

“Tentu hal ini merupakan contoh nyata dari implementasi transformasi digital,” ujarnya.

Pihaknya berharap setelah acara ini masyarakat mendapatkan manfaat diantaranya peningkatan penghasilan dengan cara e-commerce.

Sumber: Poros Garut

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *