STT Garut Gelar Diklat Kader Teknik dan Perangkat Desa

Sebanyak 40 peserta perwakilan perangkat desa di Kabupaten Garut mengikuti kegiatan Pendidikan Dan Pelatihan (Diklat) Kader Teknik dan Perangkat Desa dalam mendukung pembangunan infrastruktur di Kabupaten Garut Tahun 2019.

Upacara pembukaan Diklat yang akan di gelar selama 3 hari tersebut dilaksanakan di ruang Multimedia Sekolah Tinggi Teknologi (STT) Garut, Senin (26/8/2019).

Acara tersebut dihadiri oleh pihak pihak terkait, diantaranya Koordinator TPP desa kabupaten Garut, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa atau yang mewakili, Ketua Sekolah Tinggi Teknologi Garut beserta jajarannya.

Kepala Program Studi Teknik Sipil STT Garut, Eko Waluyo, MT., mengatakan, pemateri Diklat dari tenaga instruktur dari dosen STT Garut.

“Kegiatan Diklat selama 3 hari, dengan narasumber tenaga instruktur dari dosen STT Garut,” kata Eko Waluyo.

Menurutnya, pada bulan Maret 2019 TPP (Tim Pendamping Profesional) Desa melakukan kunjungan ke prodi sipil Sekolah Tinggi Teknologi Garut guna menindaklanjuti apa yang menjadi harapan presiden yaitu peningkatan kemampuan SDM (Sumber Daya Manusia) dalam pengelolaan dana desa, karena selama ini dana desa dikelola oleh pihak ketiga.

“Kekurangmampuan pengelolaan inilah yang melandasi diperlukannya pendidikan dan pelatihan kader teknik dan perangkat desa, terutama dalam mengestimasi biaya konstruksi atau menyusun rencana anggaran biaya beserta kemampuan menggambar atau mendesain konstruksi bangunan bangunan yang dibutuhkan di desa,” jelasnya.

Supaya perangkat desa, lanjut Eko, bisa mengestimasi anggaran biaya pembangunan seperti Tembok Penahan Tanah (TPT), jalan rabat beton, jalan macadam, saluran saluran irigasi, dan lain sebagainya.

Sumber : Poros garut

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *